Sunday, March 18, 2012

Tutorial Cara Membuat Blog

Seiring perkembangan teknologi internet saat ini, dengan segala dampak positif dan negatifnya merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Bentuk pembelajaran klasik yang dominan dengan metode ceramah kini dirasa kurang tepat bagi para pelajar dewasa ini, karena terkesan membosankan. Hasilnyapun kurang maksimal. Oleh karena itu guna menjawab tantangan ini, dunia pendidikan saat ini, mau tidak mau harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan saat ini. Guru adalah faktor yang paling dominan dalam masalah ini, sehingga seorang guru wajib menguasai model-model pembelajaran interaktif. Salah satu media pembelajaran interaktif adalah melalui Blog.
Blog sesungguhnya singkatan dari kata web blog yaitu sebuah aplikasi web yang terdiri dari beberapa posting dengan struktur berbalik (tulisan atau posting terakhir berada di awal halaman), yang dapat di isi dengan tex, gambar, video, database, animasi dan lain lain. 
Melihat definisi blog tersebut adalah tepat apabila blog kita jadikan sebuah media pembelajaran. Banyak keuntungan yang dapat kita peroleh dengan blog sebagai media pembelajaran, antara lain :

- Blog dapat di isi dengan beberapa informasi yang interaktif
- Blog dapat di kemas dengan beberapa Animasi sehingga terkesan menyenangkan
- Belajar dengan blog dapat dilakukan tanpa mengenal batas ruang dan waktu. 
  Dalam artian siswa dapat belajar cukup dengan mengakses sebuah blog dengan sebuah media yang   
  dapat berupa Netbook, laptop, atau bahkan Handphone, dimana saja dan kapan saja.
- Dengan menggunakan fasilitas tertentu bahkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran online.

Sungguh luar biasa dan menyenangkan.....
Nah.....sobat guru teman seperjuangan dengan prinsip berbagi saya mencoba share informasi tentang bagaimana kita membangun sebuah blog untuk media pembelajaran.
Ada syarat yang harus kita penuhi apabila kita ingin membangun sebuah blog yaitu kita harus memiliki sebuah e-mail. Bicara layanan e-mail, banyak layanan-layanan email gratis yang dapat kita manfaatkan semisal yahoo atau Google. Disini saya mencoba menggunakan email dari google karena blog yang akan dibahas disini menggunakan Blogger. Tentang bagaimana cara membuat email di google tidak saya bahas di sini karena saya anggap mayoritas telah memiliki email. Baiklah saya mulai saya bagaimana cara membuat blog di blogger.


Membuat Account Blog
1.    Pertama, buka www.blogger.com








2.    kemudian klik Create  Your Blog Now (Daftar akun google baru / memulai). Akan muncul halaman berisi form seperti pendaftaran email. Isi semua kolom yang ada, dan klik continue. Lengkapi semua form di seperti gaambar di bawah ini hingga selesai. 
pastikan form terisi dan catat baik-baik password yang telah anda masukan. kemudian Klik Lanjutkan atau Next atau continue. maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan isi kembali semua form di bawah ini
pada gambar form di atas, Judul Blog di isi dengan nama blog misalnya "Blog pembelajaran". sedangkan alamat blog URL di isi dengan calon alamat blog. Misalnya http://blogpembelajaran.blogspot.com . catatan :  dalam contoh ini, pengisian calon alamat blog cukup di isi "blogpembelajaran" saja tanpa diawali http:// dan di akhiri " .blogspot.com" karena sudah tercantum. dan jangan lupa klik "cek ketersediaan". Apabila setelah diklik cek ketersediaan muncul keterangan "tidak tersedia" gantilah judul dan lamat blog dengan nama dan alamat yang lain. setelah berhasil catat alamat blog yg baru anda masukan sebelum klik continue. ingat yah catat baik baik alamatnya dengan lengkap. misal http://............ .blogspot.com

3.    saat pendaftaran, anda akan diberikan pilihan beberapa pilihan template atau desain standar seperti gambar berikut ini. Pilih salah satu dan klik Continue.
4.    Setelah selesai proses pembuatan account ini, anda bisa segera memulai posting atau mengisi blog

Keterangan lebih lanjut silahkan download 
selamat mencoba....

No comments:

Post a Comment